Selasa, 01 Mei 2012

Rockonomics, Perpaduan Aliran Metal dan Ilmu Ekonomi


Metrotvnews.com, Jakarta:Apa hubungan antara musik metal dengan pendapat nasional sebuah negara? Atau apa hubungan antara musik metal dengan populasi penduduk?


Ternyata musik dan ekonomi memiliki keterkaitan yang cukup menarik. Bahkan negara dengan keterbatasan sumber daya alam pun mendapatkan keuntungan dari musik seperti heavy metal.



Anda penggemar musik keras seperti Dream Theater, Linkin Park atau Metallica? Ternyata dibalik semua aliran musik tersebut ada banyak motif ekonomi yang berlangsung.



Di antaranya berdasarkan hasil penelitian Encyclopedia Metallum, sebuah organisasi yang meneliti tentang aliran musik metal menemukan fakta rata-rata terdapat satu kelompok musik metal dalam 100 ribu penduduk di  setiap negara.



Penelitian ini dilakukan di berbagai negara di dunia termasuk di Indonesia, yang saat ini dipekirakan terdapat lebih dari 600 kelompok musik metal baik profesional atau amatir.



Bahkan saat ini ada sebuah cabang baru dari disiplin ilmu ekonomi yang mengkaji aliran musik rock, heavy metal, dan sejenisnya yang disebut dengan rockonomics. Cabang ilmu ini mengkaji hubungan antara kelompok musik keras seperti rock dan heavy metal, dengan aktivitas ekonomi di sebuah negara.



Hasilnya adalah ditemukan hubungan antara musik dengan pendapatan nasional.



Dalam hal ini, Amerika Serikat menduduki urutan pertama yang mencapai 1.940 juta dolar. Disusul oleh Jerman sebesar 808 juta dolar AS, hingga Swiss sebesar 105,63 juta dolar AS.



Yang lebih menarik adalah rockonomics mendapatkan kenyataan bahwa sebuah negara yang miskin sumber daya alam, ternyata mampu mengeruk income yang cukup besar dari musik. Seperti halnya Jepang, Jerman, Swiss, atau Korea Selatan, yang kini terkenal agresif menyebarkan Korean Wave ke seluruh dunia.



Lalu kapan Indonesia akan mulai mendapatkan devisa dari musik yang dikenal ke mancanegara, dan bukan hanya jago mengirimkan TKI yang dijuluki sebagai pahlawan devisa???(DNI)


Komentar saya: Beruntunglah buat para metalhead/musisi/fans, kalian adalah pahlawan bagi perekonomian suatu negara. Tapi sayangnya pemegang kebijakan kita mikirnya belum sampai segitu, mungkin mereka mikirnya itu cuman jalan-jalan aja. Sampai akhirnya terkena kekerasan verbal dari mahasiswa yang ada di luar sana, yaitu dikatain KAMPUNGAN! #puterLambOfGod #headbanging

0 komentar:

Posting Komentar